Press Release Networking Program IBEC 2021

Oleh: Biro Eksternal IBEC FEB UI 2021

 

Pada hari Sabtu, 22 Mei 2021 telah terlaksana salah satu program kerja Biro Eksternal yaitu Networking Program. Networking Program merupakan program kerja yang dilaksanakan dengan melakukan kunjungan ke berbagai organisasi mahasiswa jurusan ekonomi syariah atau instansi sejenis ekonomi dan keuangan Islam. Tujuan dari acara ini adalah untuk memperluas relasi, wawasan, dan mempererat tali silaturahmi dengan universitas maupun instansi lain.

Pada kali ini, Networking Program dilaksanakan secara daring dengan Himpunan Mahasiswa Ilmu Ekonomi dan Keuangan Islam Universitas Pendidikan Indonesia atau yang biasa disebut dengan HIMA IEKI UPI. Acara ini dilaksanakan dengan menggunakan platform Zoom selama 2 jam yang dihadiri sebanyak 169 fungsionaris dari IBEC FEB UI dan HIMA IEKI UPI.

Networking Program dimulai pada pukul 10.00 WIB, diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh saudara Muhammad Yusuf. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari ketua HIMA IEKI UPI, M. Zakwan Jundi Pratama Zulfikar dan ketua umum IBEC FEB UI, M. Dzulfikar Al Anshari.

Setelah rangkaian acara pembukaan, MC menjelaskan teknis Focus Group Discussion (FGD) dan membagi seluruh fungsionaris kedalam tujuh breakout room yang berbeda. Breakout room tersebut dibagi berdasarkan persamaan program kerja dari departemen dan biro IBEC FEB UI dan HIMA IEKI UPI. FGD dilaksanakan selama 60 menit, masing-masing departemen dan biro memberikan presentasi dan pemaparan mengenai program kerja dari tiap himpunan. Setelah dilakukan pemaparan tiap departemen dan biro, diadakan sesi diskusi dan tanya jawab.

Setelah rangkaian FGD selesai, seluruh fungsionaris kembali ke main room dan mengikuti sesi games yang dipandu oleh MC dan operator. Networking Program ditutup dengan foto bersama oleh seluruh fungsionaris dan penyerahan sertifikat secara simbolis oleh IBEC FEB UI dan HIMA IEKI UPI. Dengan diselenggarakannya Networking Program ini, diharapkan para fungsionaris baik dari IBEC FEB UI maupun HIMA IEKI UPI dapat memperluas wawasan dari hasil diskusi dan tanya jawab serta manfaat lainnya dari kegiatan silaturahmi ini.