Press Release Career Talk IBEC FEB UI 2021

Oleh: Biro Eksternal IBEC FEB UI 2021

 

Pada tanggal 7 dan 8 Agustus 2021 yang lalu, Biro Eksternal IBEC berkesempatan untuk menyelenggarakan webinar Career Talk yang dilaksanakan dengan dua sesi dan tema yang berbeda di tiap sesinya. Career Talk merupakan webinar interaktif yang bertujuan untuk memberikan informasi dan penerangan bagi masyarakat umum, terutama mahasiswa Ilmu Ekonomi Islam dan Bisnis Islam FEB UI terkait persiapan karier dan panduan referensi karier di masa depan. Career Talk pada sesi pertama mengusung tema “Digital Marketer: Generating Leads with Marketing”, sementara pada sesi kedua mengusung tema “Business Consultant: Elevating Business Through Consulting”. Berkenaan dengan acara yang diadakan di tengah kondisi pandemi, webinar Career Talk diselenggarakan secara daring melalui platform Zoom. Career Talk pada sesi pertama menghadirkan Ibu Orchita Rizqiyanti selaku Digital Marketing Executive di Ammana Fintech Syariah sebagai pembicara, dan menghadirkan Bapak Prima Alkautsar selaku Sharia Business Consultant dan CEO serta Founder Alkautsar Consulting sebagai pembicara pada sesi kedua. Career Talk dihadiri sebanyak 140 peserta, baik dari mahasiswa Ilmu Ekonomi Islam dan Bisnis Islam FEB UI maupun masyarakat umum di luar lingkungan UI yang telah mendaftarkan diri terlebih dahulu melalui RSVP. 

Pada sesi pertama, acara dimulai pada pukul 13.00 WIB yang diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Farhan Ilham, lalu dilanjutkan dengan sambutan oleh Muhammad Pandu selaku Wakil Ketua I IBEC FEB UI. Kemudian pembukaan dilanjutkan dengan sambutan oleh penanggung jawab acara sesi pertama, yaitu Shafira Taqiyya. Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Ibu Orchita Rizqiyanti yang membahas seputar profesi digital marketer, serta skill dan persiapan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang digital marketer. Bidang digital marketing memiliki banyak bagian dan konsentrasi sehingga diharuskan mengenali dan mempelajari secara baik seluruh bagian tersebut. Sesi pemaparan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh Salsabila Ramadhani sebagai moderator. Sesi tanya jawab berlangsung tertib dan aktif. Di akhir sesi tanya jawab, Mochamad Galih terpilih sebagai penanya terbaik dan mendapatkan insentif dari IBEC sebagai bentuk apresiasi atas antusiasme yang diberikan.

Di akhir acara Career Talk sesi 1, diberikan sertifikat secara simbolis yang diwakili oleh Salsabila Ramadhani selaku Sekretaris Umum IBEC FEB UI dan sesi foto bersama dengan seluruh peserta webinar.

Pada sesi kedua, acara dimulai pada pukul 13.00 WIB yang diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Dzaky Archard. Lalu, dilanjutkan dengan sambutan oleh penanggung jawab acara, yaitu Sadya Aliya. Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Bapak Prima Alkautsar yang membahas seputar profesi business consultant, serta skill dan persiapan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang business consultant. Agar bisa menjadi seorang business consultant, kita diharuskan untuk memilih spesialisasi sejak dini dan belajar untuk membuat konten yang menarik. Sesi pemaparan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh Muhammad Pandu sebagai moderator. Sesi tanya jawab berlangsung tertib dan aktif. Panji Raharjo terpilih sebagai penanya terbaik dan mendapatkan insentif dari IBEC sebagai bentuk apresiasi atas keaktifannya dalam sesi ini.

Di akhir acara, Career Talk ditutup dengan penyerahan sertifikat kepada pembicara yang diwakili oleh Muhammad Pandu selaku Wakil Ketua I IBEC FEB UI dan sesi foto bersama dengan seluruh peserta. Dengan diselenggarakannya Career Talk ini, para peserta diharapkan dapat memahami dan mendapat pengetahuan bagaimana menitis karier menjadi seorang digital marketer dan business consultant.

Materi dapat diakses melalui bit.ly/MateriCareerTalk2021 serta rekaman webinar dapat ditonton pada bit.ly/CareerTalk2021-1 untuk sesi satu dan bit.ly/CareerTalk2021-2 untuk sesi dua.