PERKEMBANGAN INDUSTRI PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA

PERKEMBANGAN INDUSTRI PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA

Oleh Isnafa Safitri – Staff Departemen PSDM IBEC

Perbankan syariah di Indonesia bukan lagi menjadi hal baru bagi masyarakat. Salah satu tujuan diadakannya perbankan syariah adalah sebagai alternatif bagi masyarakat sebagai intermediasi keuangan dimana menggunakan prinsip bagi hasil sehingga saling menguntungkan antara bank dan nasabah. Terdapat beberapa nilai yang ditonjolkan dari bank syariah antara lain adalah keadilan dalam bertransaksi, investasi yang beretika, kebersamaan dan persaudaraan dalam berproduksi, dan menghindari kegiatan spekulatif dalam bertransaksi keuangan. Dengan adanya perbankan syariah di Indonesia, pembiayaan bagi sektor perekonomian nasional akan terus meningkat pula. Perkembangannya akan lebih intensif lagi karena sudah adanya landasan hukum yang dimiliki oleh perbankan syariah yaitu Undang-Undang No.21 Tahun 2008 tentang Perbankan syariah. Pengembangan perbankan syariah mengacu pada rencana strategis seperti Arsitektur Perbankan Indonesia (API) dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN).

Bank syariah pertama di Indonesia mulai beroperasi pada 1 Mei 1992 atau 27 Syawal 1412 H, bank tersebut adalah Bank Muamalat dimana bank ini berdiri atas gagasan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), dan pengusaha muslim yang mendapat dukungan dari pihak pemerintah. Masyarakat juga menyambut baik adanya perbankan syariah di Indonesia pada waktu itu dengan pembelian saham senilai Rp84 miliar. Produk – produk yang dikeluarkan oleh Bank Muamalat patut menjadi catatan sejarah di Indonesia karena telah melakukan terobosan bagi Indonesia. Tiap tahun pun Bank Muamalat selalu berinovasi terhadap produk – produk syariahnya. Merupakan sebuah pencapaian bagi Bank Muamalat dan Indonesia karena telah mendirikan kantor cabang di Kuala Lumpur, Malaysia pada bulan Juli 2009.

Kualitas yang diberikan oleh perbankan syariah tidak kalah dengan yang ditawarkan oleh bank konvensional. Salah satu sumber membuat 5 bank syariah terbaik di Indonesia pada tahun 2017. Kualifikasi penempatan peringkatnya mencakup pelayanan yang diberikan serta produk – produk yang ditawarkan. Posisi kelima ditempati oleh Bank Mega Syariah dimana produk bank yang paling sering digunakan oleh nasabah adalah Tabungan Haji. Disusul oleh Bank BNI Syariah yang menempati urutan keempat, bank ini dianggap memiliki sistem investasi yang paling menguntungkan. Setelah itu ada Bank BRI Syariah yang telah memiliki 74 kantor cabang di seluruh Indonesia meskipun tergolong baru berdiri yaitu sejak tahun 2010. Posisi kedua diduduki oleh Bank Muamalat yang telah menjadi pioneer bank syariah di Indonesia. Sedangkan peringkat pertama diduduki oleh Bank Syariah Mandiri yang mulai beroperasi sejak 2011. Bank yang biasa disingkat dengan sebutan BSM ini memiliki produk – produk syariah dari mulai pinjaman dana hingga penggadaian emas.

Menurut Adiwarman A. Karim yang merupakan Presiden Direktur Karim Consulting Indonesi, tahun 2016 merupakan tahun yang baik bagi perbankan syariah. Terdapat 5 faktor yang mendorong pertumbuhan industri perbankan. Faktor pertama adalah rampungnya konsolidasi dua bank umum syariah (BUS) yaitu Bank Syariah Mandiri dan Bank Muamalat, selain itu terdapat tambahan net growth yang diperkirakan mencapai Rp 2 miliar. Faktor kedua adalah adanya bank umum konvensional (BUK) yang berubah menjadi bank umum syariah (BUS) yaitu Bank Pembangunan Daerah (BPD) Aceh menjadi BPD Syariah dan Bank Perkreditan Rakyat. Faktor kegita, ekspansi mikro yang berasal yang berasal dari empat bank syariah, seperti Bank Syariah Mandiri (BSM). Faktor keempat adalah adanya ekspansi pada beberapa bidang antara lain adalah properti dan kendaraan bermotor. Faktor terakhir, terdapat pemain baru dalam perbankan syariah yang berkantor pusat di Bandung.

DAFTAR PUSTAKA

Budiawati, Arie Dwi. 2016. 2016 Tahun Terbaik Perbankan Syariah, Ini 5 Alasannya. https://www.dream.co.id/dinar/tahun-ini-kesempatan-baik-perbankan-syariah-untuk-tumbuh-160615t.html

Septiani, Else. 2017. 5 Peringkat Terbaik Bank Syariah di Indonesia 2017. https://www.infoperbankan.com/umum/5-peringkat-terbaik-bank-syariah.html

http://www.bankmuamalat.co.id/profil-bank-muamalat

http://www.bi.go.id/id/perbankan/syariah/Contents/Default.aspx