PRESS RELEASE I-SIGN: Maximize Your Creativity with Photoshop

Oleh: Biro Eksternal IBEC FEB UI 2021

 

Pada hari Sabtu, 24 April 2021 telah dilaksanakan salah satu program kerja Biro Eksternal yaitu I-Sign. Pada era digital ini,  keterampilan visual design menjadi hal yang penting dan diperlukan dalam berbagai bidang. Desain grafis  menjadi  suatu  hal yang diminati banyak orang. Tidak lagi terbatas pada  pekerja industri kreatif,  masyarakat umum juga mulai  mempelajari keahlian tersebut. 

Seiring dengan trend tersebut, banyak software yang bermunculan untuk memenuhi permintaan pasar. Walau begitu, Photoshop tetap bertahan menjadi key player di pasarnya. Fleksibilitas tools dan kemungkinan untuk mengembangkan desain menjadi lebih unik, menjadikan skill grafis desain menggunakan photoshop menjadi sesuatu yang tak lekang dimakan zaman. 

Sayangnya, Photoshop bisa terasa mengintimidasi untuk orang-orang awam. Tools yang bermacam-macam dan tampilan yang terkesan advance, menjadi kendala untuk mereka yang baru memulai. Ditambah lagi, istilah-istilah asing yang membuat mereka bingung. Kendala tersebut untungnya bisa teratasi dengan adanya bantuan mentor.

Untuk itu IBEC membuat workshop I-Sign yang mengusung tema Maximizing Your Creativity with Photoshop. Tema ini diangkat untuk membantu memberikan informasi serta pelatihan kepada masyarakat umum untuk memaksimalkan kreativitas mereka dengan menggunakan Photoshop. Serta, tidak takut untuk mencoba Photoshop dan berani untuk menuangkan ide orisinalnya. 

I-Sign dimulai pada jam 14.00, diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh saudara Mulky Rizfy Izmul Azhom. Lalu, dilanjutkan dengan sambutan dari ketua umum IBEC 2021, M. Dzulfikar Al Anshari dan juga ketua pelaksana I-Sign, Ralfie Bimanabiel A.  

Setelah pemberian sambutan, Muhammad Nur Ghiffari selaku trainer memulai pemaparan materi. Materi diawali dengan presentasi mengenai pentingnya visual design, proses brainstorming, dan pembahasan Photoshop yang menjadi software editing terkenal. Presentasi dilanjutkan dengan demonstrasi penggunaan Photoshop oleh trainer. Demonstrasi membahas tools-tools dasar yang akan sering digunakan pemula dan teknik editing yang sering dipakai. Demonstrasi ditutup dengan pemberian informasi mengenai hak cipta dan website untuk mendapatkan ornamen desain grafis secara gratis. 

Sesi pemaparan materi berlangsung selama 55 menit dan dilanjutkan dengan sharing session. MC mempersilahkan peserta untuk bertanya. Pertanyaan meliputi tips-tips desain grafis yang bisa digunakan pemula juga sumber belajar yang dapat digunakan untuk belajar Photoshop secara otodidak. Trainer merekomendasikan peserta untuk memanfaatkan tutorial di Youtube secara maksimal. Salah satu cara mencari materi belajar adalah dengan mencari teknik yang diinginkan secara direct. Misalnya, cara memberikan shadow atau cara memberi grain pada background.  

I-Sign ditutup dengan foto bersama antara ketua pelaksana I-Sign dan trainer. Dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat. Setelah diselenggarakannya I-Sign kali ini, peserta diharapkan bisa mengembangkan ilmu yang sudah diberikan untuk belajar secara otodidak. Seperti yang disampaikan trainer, Photoshop bisa dipelajari oleh semua orang dengan latihan atau learning by doing