The Concept Of Time Value Of Money in Islamic Perspective

The Concept Of Time Value Of Money in Islamic Perspective

Oleh Atika Nur Aini- Bisnis Islam 2016

Uang memiliki peranan dan power dalam menentukan kuat atau lemahnya suatu perekonomian. Dalam rangkaian aktivitas ekonomi meliputi konsumsi, distribusi, dan produksi yang dilakukan oleh masyarakat, uang digunakan sebagai alat yang bernilai. Dengan kata lain, uang merupakan alat yang dapat digunakan dalam melakukan pertukaran baik barang maupun jasa (Iswardono,1993;43). Adapun kuatnya peranan uang sebagai penunjang mekanisme pasar didasarkan atas fungsi uang yang terbagi menjadi fungsi utama dan fungsi tambahan. Fungsi utama uang adalah sebagai alat tukar (medium exchange), dan  penyimpan kekayaan atau daya beli (store of value), sedangkan fungsi tambahan uang adalah sebagai satuan hitung (unit of account), dan alat untuk pembayaran masa depan atau alat pembayaran hutang  (standard for deffered payments).

Uang merupakan instrument penting dalam perputaran roda perekonomian. Hal tersebut didasarkan atas hubungan serta pengaruh yang timbul dan saling berkaitan antara uang dengan berbagai aktifitas ekonomi. Terkait uang yang memiliki peranan penting dan memberikan pengaruh dalam lingkup yang luas, Islam memberikan perhatian yang mendalam terhadap uang dengan ketetapan kaidah-kaidah mengenai interaksi keuangan dalam aktifitas ekonomi.

Pada dasarnya, konsep uang antara hukum Islam dengan ilmu konvensional memiliki perbedaan. Secara garis besar dalam sistem konvensional, uang dan capital adalah private good. Uang disebut sebagai komoditas yang dapat dibeli, dijual, dan berspekulasi dengan penetapan bunga. Dalam hal ini, terdapat konsep nilai waktu atas uang (time value of money) atau konsep preferensi waktu positif. Konsep ini dikembangkan oleh ekonom Austria bernama Von Bhom-Bawerk (1851-1914) dalam bukunya yang berjudul Positive Theory of Capital. Time value of money mengasumsikan bahwa  nilai uang saat ini lebih berharga dibandingkan nilai uang dalam jumlah yang sama pada waktu mendatang. Hal ini dikemukakan dengan alasan adanya inflasi dan preferensi konsumsi sekarang untuk konsumsi masa depan.

Berbeda dengan konsep konvensional, dalam Islam uang adalah flow concept yang harus selalu berputar dalam perekonomian. Ditinjau dari hukum Islam, motif spekulasi uang tidak diperbolehkan dan uang tidak bisa menjadi komoditas. Uang tidak memberikan manfaat melainkan hanya sebagai alat mengubah barang dari bentuk yang satu ke bentuk yang lain. Namun, dalam hal ini fungsi uanglah yang memberikan manfaat. Manfaat tersebut diasumsikan ketika uang yang dimiliki ditukar atau digunakan untuk membeli barang maupun jasa. Fungsi uang tidak untuk alat penyimpan kekayaan (store of value), melainkan hanya sebagai alat pertukaran (medium of change) dan satuan nilai (unit of acccount). Dengan begitu, Islam melarang konsep time value of money yang dilandasi oleh spekulasi dan atau pemberlakuan bunga karena hal tersebut sejalan dengan konsep riba.

Disisi lain, terdapat konsep economic value of time yang dibentuk atas dasar dalam investasi atau aktifitas jual beli. Faktor yang menentukan nilai uang adalah bagaimana seseorang memanfaatkan waktu secara efektif dan efisien. Adanya penerapan  penggunakan konsep economic value of time ditekankan pada waktu yang memiliki nilai ekonomis, bukan uang yang memiliki nilai waktu (time value of money)

Kesimpulannya, berbicara mengenai konsep uang dalam hukum Islam dengan ilmu konvensional memiliki perbedaan. Dalam perspektif ekonomi konvensional terdapat time value of money yang meyakini bahwa nilai uang saat ini lebih berharga dibandingkan nilai uang dalam jumlah yang sama pada waktu mendatang karena inflasi dan preferensi terhadap konsumsi pada masa kini dan masa depan. Berbeda hal nya dengan hukum Islam yang menggunaka konsep economic value of time. Konsep tersebut menegaskan atas pelarangan riba dan menjelaskan bahwa nilai uang dibentuk atas keuntungan atau kerugian dalam aktifitas ekonomi.

Referensi:

https://www.academia.edu/9997589/UANG_DALAM_PERSPEKTIF_EKONOMI_ISLAM_Takidin

https://www.academia.edu/9282961/EKONOMI_MONETER_I_PENGARUH_UANG_DALAM_PEREKONOMIAN_AKIBAT_ADANYA_PERMINTAAN_UANG_DAN_JUMLAH_UANG_BEREDAR_DI_INDONESIA

https://drive.google.com/file/d/0B8ZDDJq_Cxu1cVFmWVhlVXpWS28/view

https://www.academia.edu/4335185/Time_Value_of_Money_and_Riba_Islamic_Perspective