Press Release Networking Program 2019: SES-C IPB

Oleh: Biro Eksternal IBEC FEB UI 2019

Tanggal 28 September 2019 telah dilaksanakan acara Networking Program yang melibatkan IBEC FEB UI dengan himpunan ekonomi syariah IPB, SES-C (Sharia Economics Student Club). Acara dilaksanakan di gedung Student Center FEB UI. Dihadiri oleh 42 anggota SES-C serta 37 orang yang terdiri dari PI dan representati departemen dan biro IBEC. Tidak hanya pengurus inti dan BPH seperti acara networking program saat mengunjungi Universitas Airlangga, dalam acara ini IBEC juga turut melibatkan staf dan intern IBEC 2019.

Networking Program merupakan acara kunjungan dari IBEC FEB UI yang diselenggarakan oleh Biro Eksternal. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan salah satu nilai dasar IBEC FEB UI, yaitu Ukhuwah (persaudaraan). Selain itu, acara ini bisa menjadi wadah untuk sharing berkenaan jalannya sebuah organisasi di masing-masing universitas.

Bertempat di  Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, agenda pertama yang dilakukan adalah campus tour FEB UI. Setelah itu, teman teman SES-C IPB beralih menuju Gedung Student Center FEB UI. Setelah berkumpul di Gedung Student Center, acara formal dibuka dengan tilawah Al-Quran. Setelah tilawah, sambutan diberikan baik dari Ketua SES-C IPB, Muhammad Arif Ilyanto dan ketua IBEC FEB UI, Faturrachman Ariq.

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi presentasi oleh SES-C IPB dan IBEC FEB UI. Presentasi diisi dengan informasi yang berkaitan dengan profil, program kerja, serta struktur organisasi. Kedua himpunan diberikan waktu 20 menit. Tidak hanya itu, baik IBEC FEB UI dan SES-C IPB menayangkan profil videonya. Agar anggota SES-C IPB dan IBEC FEB UI dapat saling mengenal satu sama lain, kegiatan selanjutnya diisi dengan sesi ice breaking. Awal ice breaking diisi oleh MC dengan gurauan. Selanjutnya, MC memberikan kesempatan kepada salah satu peserta dari SES-C untuk memberikan games sampai sesi ice breaking selesai. Sesi ice breaking ini cukup mencairkan suasana setelah presentasi kala itu.

Acara dilanjutkan dengan sesi forum group discussion (FGD).  Departemen dan biro dari kedua himpunan dikelompokan sesuai dengan kesamaan tugas dan job description. Setelah itu, kelompok-kelompok tersebut duduk di bangku secara melingkar. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar diskusi lebih kondusif dan efisien. FGD ditujukan supaya para peserta bisa bertanya lebih lanjut mengenai materi yang sudah dipresentasikan. Kemudian, peserta juga bisa melakukan diskusi terbuka. Diskusi ini diharapkan menjadi instrument yang dapat membantu  pengembangan departemen atau biro baik IBEC FEB UI dan SES-C IPB.

Sampai pada penghujung  acara, pemberian plakat dan cinderamata lainnya dilakukan oleh Ketua IBEC FEB UI kepada Ketua SES-C IPB. Pemberian plakat ini sebagai simbol persaudaraan dan rasa terima kasih. Rangkaian acara berakhir pada jam 11.30. IBEC dan SES-C melakukan sesi foto bersama. Sesi berfoto dilakukan di Kolam Makara FEB UI.  Setelah sesi foto bersama, SES-C IPB meninggalkan FEB UI, melanjutkan perjalanan untuk melakukan kunjungan ke STEI Tazkia.

      Kami harap kunjungan SES-C IPB pada periode ini dapat menguatkan tali silaturahmi antar organisasi, dan menjadi langkah awal untuk kolaborasi membangun hal-hal besar yang dapat memajukan Ekonomi Islam kedepannya. Terimakasih SES-C IPB!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *