PRESS RELEASE CAREER TALK IBEC 2020

Oleh: Biro Eksternal IBEC FEB UI 2020

Tanggal 4-5 Mei 2020 telah dilaksanakan salah satu program kerja Biro Eksternal yaitu Career Talk yang diselenggarakan dalam 2 hari dan 1 sesi setiap harinya. Tema sesi pertama “Developing Syariah Industries through Qualified Human Resources” dan tema sesi kedua “Path to the Future: How to be Great Employees”. Career Talk dilaksanakan dengan bentuk webminar (daring) dengan menggunakan platform Google Meet. Career Talk pada sesi pertama dihadiri oleh tiga narasumber yaitu Bapak Arief Mediadianto (Investree), Bapak Lutfi Adhiansyah (Ammana Fintek Syariah), dan Bapak Fadhil Akbar Purnama (Bank Indonesia). Career Talk pada sesi kedua dihadiri oleh dua narasumber yaitu Bapak Jodi Salahuddin Akbar (BukaLapak) dan Ibu Tri Kusumawati (Duha Syariah). Webminar ini dihadiri kurang lebih sebanyak 150 peserta yang telah mendaftarkan diri terlebih dahulu melalui RSVP.

 

Career Talk IBEC merupakan seminar interaktif bagi mahasiswa Ilmu Ekonomi Islam dan Bisnis Islam FEB UI yang bertujuan dengan tujuan ingin memberikan insight terkait dunia kerja dan perkembangan industri Syariah saat ini. Acara ini terbuka untuk umum, baik mahasiswa maupun non-mahasiswa dapat mengikuti webinar ini.

            Pada sesi pertama, webinar ini berlangsung pada pukul 14.00 – 16.30 WIB. Dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh saudara Muhammad Dzulfikar Al Anshari, lalu dilanjutkan dengan sambutan oleh Galih Damar Dwiatmaka selaku Ketua Umum IBEC FEB UI 2020 dan sambutan ileh Ibu Tika Arundina selaku Kepala Program Studi Ilmu Ekonomi Islam. Selanjutnya adalah pemaparan presentasi materi oleh ketiga pembicara secara bergantian. Ketiga pembicara membahas mengenai industri Syariah menurut sudut pandang mereka masing-masing. Dalam mendukung perkembangan industri Syariah di Indonesia, para mahasiswa atau fresh graduate diharapkan untuk meningkatkan softskill dan hardskill guna menunjang karirnya. Selain itu, lulusan ekonomi Syariah juga diharapkan untuk memperkuat kemampuan kuantitatif yang juga diiringi dengan kemampuan fiqh-nya.

            Pada sesi kedua, rangkaian acara kurang lebih sama dengan sesi pertama. Kesempatan untuk mempresentasikan materi pertama diberikan kepada Bapak Jodi yang menjelaskan terkait generasi masa kini harus bisa adaptif dengan segala perubahan yang ada. Terlebih lagi disituasi pandemi seperti sekarang. Selanjutnya, presentasi kedua diberikan oleh Ibu Tri yang membahas mengenai bagaimana cara memulai karir dan tips and trick untuk lulus interview. Sebagai fresh graduate kita harus mulai membangun personal branding yang positif. Memiliki etika, karakter, dan kompetensi yang baik akan berdampak positif, baik ke perusahaan maupun ke diri sendiri. Selain itu, membangun networking pada saat masih menjadi mahasiswa juga sangat penting karena Networking dapat menjadi batu loncatan yang tepat untuk memulai karir.

           Dengan diselenggarakannya Career Talk IBEC kali ini, kami berharap tujuan dari tema yang diangkat dapat tersampaikan dengan baik kepada seluruh peserta. Semoga acara ini dapat memberikan ilmu baru yang bermanfaat bagi seluruh peserta yang hadir dan turut meningkatkan pemahaman tentang dunia kerja.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *