,

Mengenal Fiqh Muamalah Ekonomi Kontemporer

Secara terminologi, Fiqh Muamalah didefinisikan sebagai tindakan hukum yang berkaitan dengan tindakan manusia dalam persoalan duniawi. Salah satu cakupanmya adalah kegiatan ekonomi dan bisnis.

Seorang muslim diwajibkan untuk mempelajari Fiqh Muamalah karena jika tidak mempelajarinya, dikhawatirkan perbuatan yang dilakukan dalam bermuamalah akan terperosok ke sesuatu yang haram.

Seiring dengan perkembangan zaman, tentu saja problematika dan fenomena dalam fiqh muamalah (dalam hal ini yaitu transaksi ekonomi) semakin beragam sehingga dibutuhkan pengkajian lebih dalam lagi karena adanya perbedaan dengan fiqh muamalah pada zaman klasik.

Jika melihat perkembangan bisnis kontemporer sekarang ini memang konsep fiqh muamalah klasik sulit untuk diterapkan karena bersifat statis dan cenderung tekstual.

Walaupun begitu, prinsip-prinsip dalam fiqh muamalah klasik harus tetap dijadikan acuan dalam pembaharuan dan pembuatan produk-produk transaksi ekonomi yang baru agar tetap sesuai dengan syariah.

Salah satu contohnya adalah pada zaman klasik transaksi kontemporer seperti asuransi, pasar modal, investasi dengan surat berharga, dan sebagainya belum ada.

Namun, variasi dalam transaksi ekonomi di masa sekarang sudah banyak dan harus ada ilmu fiqh muamalah yang membahas tentang transaksi-transaksi tersebut.

Oleh karena itu, Fiqh Muamalah Kontemporer membahas tentang bagaimana sebuah transaksi kontemporer seperti asuransi, pasar modal, investasi, dan sebagainya dapat dilakukan dengan cara yang sesuai dengan hukum syariah

 

Sumber : www.muamalatkontemporer.multiply.com

Departemen Pendidikan dan Kajian
IBEC FEB UI
#EnlightenedEconomics

2 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *