Halal Certification Compliance and Its Effects On Companies’ Innovative and Market Performance

Oleh: Dinda Nabila (Ilmu Ekonomi Islam 2018), Staf Departemen Penelitian IBEC FEB UI 2019

Konsep sertifikasi halal semakin berkembang di pasar saat ini. Konsumen muslim di hampir seluruh dunia mulai memiliki pengetahuan dan kesadaran akan ekonomi islam mulai dari konsep, prinsip serta intrumen dan produk-produknya. Hal tersebut menjadi perhatian khusus bagi para perusahaan. Semakin banyak perusahaan yang memilih untuk menambah sertifikasi halal di setiap produk atau layanan mereka untuk bisa memasuki pasar yang sedang berkembang ini. Sertifikasi halal juga meningkatkan kepercayaan konsumen dalam keputusannya membeli sesuatu. Sertifikasi halal adalah simbol penting bagi konsumen muslim, karena digunakan sebagai pedoman dasar untuk suatu produk yang diyakini halal dalam hal pembuatan, pengolahan, penyimpanan, transportasi, penyediaan, pemeliharaan, kebersihan, kualitas dan status halal berdasarkan prinsip-prinsip yang ditetapkan oleh Islam    

Sertifikasi halal diatur sesuai dengan hukum islam dengan tujuan utama mengatasi masalah konsumen muslim mengenai status suatu produk. Penelitian ini telah dilakukan di Filipina. Di negara Filipina proses sertifikasi halal merujuk pada pedoman yang dibuat oleh para ulama yang tergabung dalam Standar Nasional Filipina tentang makanan halal. Sistem sertifikasi halal di Filipina terdiri dari dua aspek yang berfungsi untuk menyelaraskan peran sektor agama dan pemerintah tentang masalah ini. Sertifikasi halal hanya akan diberikan setelah lembaga sertifikasi memverifikasi bahwa produk tersebut tidak menggunakan bahan-bahan yang haram atau bahan tidak murni. Setelah suatu perusahaan mendapatkan sertifikat halal, hal itu dapat digunakan untuk menerapkan logo halal disetiap produk atau layanannya

Sebagian besar perusahaan sudah mulai berinovatif dengan menambah sertifikasi halal yang secara langsung mempengaruhi tingkat kualitas produk dan meningkatkan keunggulan kompetitif di pasar mereka. Penelitian yang dilakukan di negara Filipina ini mengamati pengaruh inovasi halal dalam bisnis kinerja perusahaan makanan bersertifikat halal. Hasil dari penelitian tersebut yaitu ditemukan bahwa sertifikasi halal yang diterapkan di perusahaan makanan bersertifikat halal di Filipina memiliki efek positif pada kinerja inovatif. Temuan analisis mengungkapkan bahwa kinerja inovatif memiliki efek langsung pada kinerja pasar. Selain itu, hasil analisis juga menunjukkan bahwa kinerja inovatif memainkan peran penting yang membawa efek positif.

Hasil dari independent-samples t-test yang telah dilakukan menekankan jika sertifikasi halal pada perusahaan makanan dan perusahaan makanan non-bersertifikat halal di Filipina memiliki perbedaan yang signifikan dalam hal kinerja inovatif dan kinerja pasar. Hal ini ditunjukkan dari hasil independent sample t-test yang menunjukkan perbedaan yang signifikan secara statistik dalam skor kinerja bisnis antara perusahaan makanan bersertifikat halal dan perusahaan makanan tidak bersertifikat halal dalam hal kinerja inovatif (pembaruan dalam produk yang ada, pengembangan produk baru, persentase produk baru dalam portofolio pasar dan kualitas produk baru) dan kinerja pasar (pangsa pasar, total penjualan, kepuasan pelanggan dan perusahaan reputasi).

Analisis lebih lanjut dari sampel independen hasil uji-t mengungkapkan perusahaan dengan sertifikasi halal telah meningkatkan kinerja inovatif secara keseluruhan, menghasilkan tingkat pelanggan yang lebih tinggi, kepuasan pelanggan yang lebih tinggi  dan peningkatan pangsa pasar. Indikator pertumbuhan kinerja bisnis ini menunjukkan penerimaan pelanggan terhadap produk. Hal tersebut terjadi karena peningkatan kualitas produk setelah suatu produk mendapat sertifikasi halal. Di sisi lain, hasilnya penelitian juga menenukan bahwa perusahaan yang tidak bersertifikat halal meningkatkan tingkat total penjualan dan perusahaan mereka reputasi. Indikator-indikator ini mungkin telah mendorong pertumbuhan kinerja pasar mereka dan pertumbuhan industri secara keseluruhan.

Oleh karena itu, penelitian ini menolak hipotesis nol bahwa sertifikasi halal tidak memiliki dampak signifikan pada kinerja bisnis perusahaan makanan bersertifikat halal di Filipina. Berdasarkan data yang dikumpulkan dan temuan keseluruhan, efek signifikan dari halal sertifikasi sebagian besar diwujudkan dalam kinerja bisnis keseluruhan perusahaan makanan bersertifikat halal di Filipina. Terlepas dari keterbatasan ini, temuan dalam penelitian ini memberikan bukti objektif dimana halal sertifikasi berhubungan positif dengan peningkatan inovatif bisnis dan pemasaran kinerja, oleh karena itu, itu harus diimplementasikan sebagai elemen penting bagi strategi bisnis.

Implikasi yang dapat diteriapkan dari penelitian ini cukup banyak dan dapat membantu suatu perusahaan hingga pemerintah. Bagi perusahaan bersertifikat halal, studi/penelitian ini akan memberikan bukti yang dapat membantu mereka dalam pengambilan keputusan sehubungan dengan sertifikasi halal. Perusahaan dapat menggunakan temuan dalam penelitian ini untuk mengukur kinerja bisnis mereka sendiri apakah sertifikasi halal memberi mereka nilai atau kualitas bisnis seperti itu klaim untuk dikirimkan. Untuk lembaga pemerintah seperti Biro Produk dan Standar, Departemen Perdagangan dan Industri, Komisi Nasional Muslim Filipina, Departemen Pertanian, Departemen Sains dan Teknologi dan untuk Islam organisasi (mis. Dewan Dakwah Islam Filipina, Halal Nasional Badan Akreditasi Filipina) terkait sertifikasi halal, studi ini akan memberikan mereka kesempatan untuk meninjau manajemen dan implementasi sertifikasi halal. Untuk institusi akademik, studi ini akan memberikan penilaian realistis terhadap halal sertifikasi berdasarkan pengalaman aktual perusahaan yang bersertifikat halal. Dengan ini, mereka dapat lebih jauh memeriksa dan menganalisis sistem dan proses halal terhadap prinsip pemasaran dan manajemen kualitas.

Referensi

Salindal, Akmad. 2019. Halal Certification Compliance and its Effect on Companies’ Innnovative and Market Performance. Journal of Islamic Marketing, Vol. 10, pp 589-605

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *